Lele Jumbo Si Mesin Pengolah Limbah

Ikan Lele memiliki daya tahan yang cukup kuat dibandingkan dengan jenis ikan air tawar lainya, pada awalnya Aa' memelihara ikan selain sebagai hobi juga untuk memanfaatkan sumberdaya alam yang ada di dareah tempat tinggal Aa'. Namun ternyata Aa' bisa mengambil manfaat lain dari memelihara ikan lele, kebetulan Aa' memiliki RPH (Rumah Potong Hewan "Ayam Broiler") yang tentunya setiap hari akan ada limbah hewan yang perlu proses untuk mengurai, sebelumnya limbah tersebut digunakan untuk pupuk dikebun namun lama kelamaan limbah tidak mungkin proses pemupukan dilakukan setiap hari.
Ternyata semenjak Aa' memelihara ikan lele, Aa' tidak terlalu pusing lagi memikirkan libah tersebut karena Aa' memiliki Lele Jumbo Si Mesin Penghancur Limbah ... hehehe :)

Setiap hari tidak kurang dar 20Kg limbah pemotongan seperti Usus, dan Jenis organ Ayam lainya yang merupakan limbah ternyata bisa menjadi pakan Ikan lele, selain memangkas biaya untuk pembelian pakan lele, ternyata limbah pemotongan ini jauh lebih baik daripada pakan pelet ikan yang harganya lebih mahal.
Aa' memisahkan ikan kolam yang khusus memelihara ikan Lele Jumbo sengaja untuk menghabiskan limbah, dan Lele yang dipelihara untuk nantinya dijual dengan ukuran tertentu.
Kurang lebih 2tahun Aa' memelihara ikan lele sebagai penghancur Limbah, meskipun sudah lama sekali Aa' memelihara ikan lele. Terakhir Ikan Lele yang Aa' punya sudah ada yang mencapai 15Kg per ekor, jika sengaja kita pelihara dengan memeberikan pakan pelet sudah berapa banyak biaya yang dikeluarkan. dibawah ini lele yang sempat Aa' foto,


Mungkin untuk sebagian orang lele yang Aa' punya sudah tidak mempunyai nilai jual karena ragu untuk mengkonsumnsinya, ternyata lele yang Aa' punya malah dicari untuk sebagian orang.
Kemarin ada orang yang malah mencari lele Jumbo yang Aa' punya untuk Acara perlombaan memancing lele, ternyata ikan lele yang Aa' pelihara masih memiliki nilai jual.
Yang sebelumnya Aa' memelihara Lele hanya sebagai Hobi, kemudian dijadikan bisnis, Aa' ambil manfaat dan difungsikan untuk membantu Usaha Aa' yang lain, Ikan lele jumbo sudah memeberikan keuntungan bermacam".
Sekian Info dari Aa', mudah-mudahan bermanfaat  :)
Terimakasih...